Pangebatan – Sebanyak 35 peserta terdiri dari 25 remaja perwakilan RW dan 10 Pengurus karang taruna desa mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik Minggu (23/9) di balai desa Pangebatan . Kegiatan ini difasilitasi oleh pemerintah desa melalui Dana Desa Bidang Pemberdayaan Tahun Anggaran 2018.

Fani Agus Setiawan Ketua Karangtaruna Kamandaka 2 Desa Pangebatan mengatakan pelatihan jurnalistik bertujuan untuk menambah ilmu jurnalistik bagi pengurus dan anggota sehingga bisa menulis berita tentang kegiatan yang telah dilaksanakan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat maupun pemerintah desa untuk bisa disebarluaskan ke masyarakat luas.

“Kami berharap dengan kegiatan ini akan lahir jurnalis desa untuk mempublikasikan kegiatan .Dengan sering mempublikasikan kegiatan tentu akan meningkatkan eksistensi karangtaruna menjadi lebih dikenal,” katanya

Heri Setiawan selaku ketua Panitia mengatakan peserta pelatihan merupakan utusan 8 RW se desa Pangebatan disamping untuk menambah ilmu jurnalistik juga menjalin silaturahmi antar Pemuda. Untuk pemateri menghadirkan Parsito ,praktisi dari Bagian Humas dan Protokol Pembkab Banyumas.

“Materi yang diberikan berupa fotografi jurnalistik dan teknik penulisan berita. Selain teori juga dilakukan praktek dan contoh sehingga peserta lebih memahami bagaimana cara menjadi jurnalis dan wawancara dengan narasumber ,”jelas heri.

Dalam kesempatan tersebut karangtaruna kamandaka 2 Pangebatan berkomitmen untuk tidak menyebarluaskan berita hoax dan anti ujaran kebencian yang dideklarasikan bersama sama di akhir acara.