Pangebatan.desa.id. Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkompincam ) Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jumat (20/9) selenggarakan Apel Hari Olah Raga Nasional ( Haornas ) ke – 36 di halaman SDN Pangebatan.

Apel diikuti oleh Forkompincam beserta jajarannya, Korwilcam Dindik Karanglewas beserta Kepala Sekolah SD / MI, Kepala SMP / MTs, Kepala SMK, Kepala Desa dan Perangkat Desa se Karanglewas dan Guru Olah Raga se – Karanglewas.

Apel juga diikuti Organisasi Masyarakat ( Ormas ), yaitu : Ansor, Banser, Kokam, Pemuda Pancasila, Karang Taruna, dan siswa- siswi SD Negeri Pangebatan Karanglewas, yang semuanya berjumlah kurang lebih 200 orang.

Usai apel, acara dilanjutkan dengan senam masal yang dilaksanakan di lapangan desa Pangebatan.

Camat Karanglewas, Drs.Mahmudi, SH,M.Hum, dalam amanatnya, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Imam Nahrawi.

Imam Nahrawi menyatakan bahwa pembinaan atlet muda berbakat didukung oleh talent iden tification dan talent scouting. Dukungan juga dibuktikan dengan perhelatan ASEAN Schools Games ( ASG ) di Semarang.
Pada tahun 2018 Indonesia mendapat kado istimewa. Pada perhelatan ASG, sebagai juara umum. Dengan perolehan 102 medali, dengan rincian : 43 medali emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Pada ajang ASIAN GAMES, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke- 4, dengan 98 mendali, dengan rincian : 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Sedangkan pada ASIAN PARAGAMES, Indonesia berhasil mencatat sejarah dengan mendapatkan peringkat ke – 5 dunia. Medali yang diraih ada 135 medali, dengan rincian : 37 medali emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

Masih menurut Imam, optimalisasi dan pembudayaan olah raga akan terus digalakan sesuai instruksi Presiden nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ) dan Peraturan Menpora Republik Indonesia nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olah raga ( GAO ). Dengan kesegaran jasmani dan kesehatan yang bagus, maka akan tercipta kesehatan jiwa yang melahirkan bibit – bibit atlet yang mantap dan berpotensi menuju pentas olah raga nasional dan dunia di masa selanjutnya.(riyadi)