Dalam rangka dukung peringatan Hari Pungut Sampah Sedunia, World CleanUp Day (WCD), Sabtu(21/9) seluruh guru, karyawan, dan siswa-siswi SDN Pangebatan melaksanakan kegiatan bersih lingkungan, jalan, dan lapangan.

Semua warga sekolah secara serentak melakukan pungut sampah yg ada di lingkungan sekolah, pinggir jalan, dan di lapangan desa Pangebatan.

Kegiatan yang diikuti oleh tidak kurang dari 470 peserta itu dilakukan mulai pukul 09.00 s.d.10.30 dengan menghasilkan sampah hingga berkilo- kilogram. Selanjutnya sampah tersebut ditampung dan dibawa oleh petugas pengelola sampah yang ada di desa tersebut untuk dikelola lebih lanjut.

” Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak- anak, sekolah, dan desa. Selain dapat membuat lingkungan menjadi bersih, kegiatan ini jg sekaligus bermanfaat sebagai edukasi bagi anak- anak tentang bahayanya ancaman sampah serta bagaimana perilaku mereka dalam menjaga lingkungan dari ancaman itu,” kata Riyadi selaku Kepala Sekolah SDN Pangebatan mengomentari kegiatan tersebut.

Sebagaimana surat edaran Bupati Banyumas melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Bupati menginstruksikan perihal kegiatan WCD agar sekolah dan masyarakt melaksanakan kegiatan pungut sampah.

Sebagai langkah nyata instruksi tersebut maka sekolah melaksanakan kegiatan pungut sampah di sekolah dan lingkungan desa. Hanya saja waktu pelaksanaannya sedikit mundur karena terkendala oleh kegiatan PTS yang masih berlangsung hari ini.

Mendapatkan laporan, pemerintah desa setempat mengapresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah. “Terima kasih, anak- anak telah ikut memperindah desa,” ungkap Santi Herlina mewakili pemerintah desa Pangebatan.