Pangebatan.desa.id – Perkembangan Teknologi Informatika yang begitu cepat juga dapat diikuti warga desa termasuk warga Pangebatan Kecamatan Karanglewas dimana Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi kesempatan kepada desa Pangebatan untuk menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Teknologi IoT.

Apa yang dimaksud Teknologi IoT, sebagian dari kita mungkin masih awam dengan istilah tersebut. IoT adalah Internet of Things’, dimana teknologi Internet dihubungkan/untuk mengendalikan peralatan penunjang kegiatan manusia sehari-hari, sehingga pengoperasian peralatan bisa dilakukan cukup dengan menggunakan telepon genggam.

Pelatihan Pengembangan Teknologi IoT terselenggara atas kerjasama Kementerian Kominfo, Pemerintah Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas dengan Komunitas GDM (Gerakan Desa Membangun), mengambil tempat di Aula Balai Desa Pangebatan dan Pendopo Penatusan Pangebatan (salah satu cagar budaya yang ada di desa Pangebatan). Pelatihan diikuti 10 peserta dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Banyumas, dimana pada sesi lanjutan, quota peserta ditambah menjadi 20 orang. Pelatihan diselenggarakan selama tiga hari dua malam mulai tanggal 3 – 5 September 2019, dimana selama itu para peserta ditantang dan diarahkan untuk mengeksplor ide dan berinovasi guna menciptakan sesuatu yang dapat diaplikasikan di desa masing-masing.

Kementerian Kominfo selaku penyelenggara kegiatan pelatihan ini berharap agar para peserta dapat membawa dan mengaplikasikan apa yang didapat selama latihan baik ilmu maupun peralatan untuk menunjang kemajuan di desa masing-masing. (Budi S.)