BANYUMAS- Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas terus berkomitmen untuk turut serta mencegah terjadinya ‘stunting’ di wilayah desa setempat. Dalam anggaran untuk sarana prasarana pelayanan sosial dasar di bidang pendidikan dan kesehatan, Pangebatan akan melaksanakan sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Demikian disampaikan Kasi Kesejahteraan Rakyat Desa Pangebatan dalam acara Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) di RM Memory Garden, Karanglewas, Kamis (25/7).

Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman seusianya.

Beberapa faktor penyebab anak mengalami stunting diantaranya adalah asupan gizi yang buruk, berkali-kali terserang penyakit infeksi serta berat badan lahir rendah (BBLR).

Berdasarkan data dari Puskesmas Kecamatan karanglewas tahun 2019, di desa Pangebatan terdapat 5 anak penderita Stunting. Pertumbuhan anak yang terkena stunting tidak bisa dikembalikan seperti semula, sehingga akan terus lambat pertumbuhannya hingga dewasa.

Oleh karena itu untuk mencegah stunting sejak awal, anak harus diberi nutrisi maksimal di awal kehidupannya tepatnya selama 1000 hari pertama kehidupan anak.(santy)