PORSEMA PROVINSI JATENG 2019

BANYUMAS-Verisga, siswa MI Maarif NU 1 Pangebatan, Kecamatan Karanglewas berhasil menyumbang medali emas untuk kontingen LP Maarif NU Banyumas untuk kategori lomba tenis meja dalam Pekan Olahraga Seni Maarif (Porsema) Tingkat Provinsi Jawa Tengah di kompleks STAINU Temanggung, Selasa-Kamis (25-27/6).

Putri dari pasangan suami istri Hari Harmawan dan Farida ini menjadi penyumbang satu emas dari perolehan medali untuk kontingen Banyumas yaitu 13 emas, 4 perak dan 6 perunggu. Berkat perolehan medali itulah, kontingen Banyumas menjadi Juara II Porsema Provinsi Jawa Tengah 2019 ini. Sementara Juara I dan III diraih kontingen dari Kudus dan Jepara.

Orang tua peraih medali emas untuk lomba tenis meja putri SD/MI dari MI Maarif NU 1 Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Hari Rahmawan mengaku bangga dengan perolehan hasil putrinya, Verisga. Ia berharap dengan prestasi inilah, anaknya yang masih kelas IV ini akan semakin semangat bersekolah dan berolahraga.

“Sebagai orang tua kami berharap ke depan semoga kontingen Banyumas semakin baik lagi sehingga prestasi gemilang bisa diraih. Semoga prestasi ini turut membawa nama harum Madrasah dan Desa Pangebatan khususnya,” ujar Hari Harmawan.

Kirimkan 225 Personel

Ketua kontingen Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, M Hidayaturrohman mengatakan, Banyumas telah mengirimkan peserta sejumlah 225 personil terdiri dari 23 peserta tingkat SD/MI , 59 peserta tingkat SMP/MTs, 61 peserta tingkat SMA/SMK/MA, 60 orang unsur official dan 20 orang pendamping. Para peserta telah menyelesaikan 12 mata lomba cabang seni dan 9 mata lomba cabang olahraga serta penampilan parade kontingen.

“Setiap cabang lomba telah diikuti dengan maksimal dengan perolehan 13 emas, 4 perak dan 6 perunggu. Perolehan ini sesuai dengan harapan awal kontingen Banyumas yang telah mentargetkan masuk tiga besar untuk meraih medali. Sehingga slogan “Banyumas Bisa, Banyumas Juara” dapat tercapai,” jelasnya.

Untuk medali emas diraih dari lomba Lari Jauh SLTA Putri, lari sprint SD/MI Putri, Bulutangkis SD/MI Putra, Bulutangkis SD/MU Putri, Catur SD/MI Putri, Catur MI/SD Putra, Tenis meja SD/MI Putri, Poster SLTA, poster SLTP, Baca Puisi SD/MI Putra, Pidato Arab SLTP, Pidato Indonesia SD/MI dan Pidato Jawa SD/MI. Sementara untuk medali perak diraih dalam mata lomba lari sprint SLTP Putri, Biografi SLTP, Pidato Inggris SLTP, MTQ SLTP Putra. Untuk medali perunggu diraih dalam mata lomba Qasidah SLTA Putra, Qasidah SLTP Putri, Futsal SLTP, Futsal SLTA, Baca Puisi SLTP Putra, dan Cipta Puisi SLTA Putri.

Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Fauzi mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih. Hasil ini menjadi catatan sejarah bagi Banyumas untuk ke depan lebih berprestasi. “Torehan prestasi ini berkat kerjasama yang baik antar semua pihak. Ungkapan rasa terimakasih atas support, doa dan dukungan dari masyarakat Banyumas,” jelasnya.

  • Ditulis, Susanto Aboge (penulis dan pendamping desa)