Peduli Kemanusiaan, Karangtaruna Pangebatan Gelar Donor Darah

Karanglewas – Sebagai bentuk kepeduliaan pemuda terhadap sesama, Karangtaruna Kamandaka 2 Desa Pangebatan kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah di bulan ramadhan dengan tema ‘Give Blood Share Life’ menggandeng Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyumas, di Aula Balai Desa Pangebatan, Karanglewas, Banyumas, Kamis (23/5).

Ketua Karangtaruna Irawan Endy Pratama mengatakan kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial, yang menjadi agenda rutin organisasi dalam rangka membantu sesama terutama yang membutuhkan transfusi darah di wilayah Banyumas. Kegiatan ini berhasil memperoleh 36 kantong darah dari total 54 pendonor yang mendaftar dari wilayah Desa Pangebatan dan Desa sekitarnya.

“Kami memublikasikan kegiatan ini kepada warga Desa Pangebatan dibantu melalui sms kepada pendonor aktif di wilayah Desa Pangebatan dan sekitarnya oleh Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banyumas,” Ujar Irawan Endy Pratama.

Irawan Endy Pratama menambahkan, aksi kemanusiaan yang diadakan melalui kegiatan donor darah ini perlu keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaannya. Dengan menjadi pendonor, secara tidak langsung mereka adalah orang peduli yang mendonorkan darahnya dengan tulus ikhlas.

Tujuan pendonor hanya satu, yaitu menyelamatkan jiwa orang lain. Acara dimulai pada pukul 20.00 hingga 22.30 ini diharapkan dapat membantu stok darah di PMI selama bulan Ramadhan.

Tegar Arif Wibowo, warga Desa Pangebatan yang menjadi salah satu peserta donor darah mengatakan, sebagai pemuda salah satu peranan yang dapat diberikan untuk membantu masyarakat adalah mendonorkan darahnya. Tegar sudah sering berpartisipasi dalam kegiatan donor darah dan dirasa hal ini harus dilakukan rutin karena selain dapat membantu sesama juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Keuntungan untuk pendonor yang dapat diperoleh dari mendonorkan darahnya untuk kesehatan antara lain menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, dan mendeteksi penyakit serius seperti HIV, Hepatitis, Sipilis serta malaria.

“Melalui kegiatan donor darah ini, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri akan pentingnya persaudaraan dan saling menolong antar sesama. Semoga semakin banyak orang yang peduli untuk akan penderitaan sesama yang membutuhkan,” pungkas Tegar Arif Wibowo.