Pangebatan – Sebagai wujud komitmen untuk menjadikan Pangebatan sebagai Desa ODF (Open Defecation Free), Pemerintah Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, mengadakan sosialisasi ODF antar elemen masyarakat. Sosialisasi ini dilaksanakan Sabtu – Minggu, tanggal 14 – 15 Desember 2019.

Dihadiri oleh BPD Pangebatan, Pemerintah Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas, Bidan Desa, Tokoh Masyarakat dan Agama, Kader Kesehatan Desa, TP-PKK Pangebatan, dan Karangtaruna Pangebatan, hari pertama acara bertempat di Balai Desa Pangebatan. Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STBM pada pukul 19.30 WIB.

Komitmen Pangebatan Desa ODF Banyumas

Dalam sambutannya, Kepala Desa Pangebatan, Agus Suroto, SH., mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara, narasumber dan peserta Penggalangan komitmen atas terselenggaranya kegiatan ini dan semoga acara bisa berjalan lancar dan bermanfaat untuk semuanya.

“Penggalangan komitmen ini dilaksanakan sebagai wujud kita bersama selaku pemerintah desa dan masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan Desa pangebatan menjadi Desa ODF (Open Defecation Free) yaitu desa yang bebas dari buang air besar sembarangan. Komitmen ini penting dilakukan karena di desa Pangebatan pada kenyataannnya masih banyak masyarakatnya yang buang air besar sembarangan seperti di sungai,kolam, kebun ataupun selokan.Selanjutnya semoga dengan berkomitmen bersama ini akan terwujud masyarakat Pangebatan yang sehat.” imbuh Kapala Desa Pangebatan.

Komitmen Pangebatan Desa ODF Banyumas

Penandatanganan Komitmen Pangebatan Desa ODF

Acara selanjutnya adalah Pengenalan Kegiatan Forum Kesehatan Desa (FKD). Dilanjutkan dengan Materi Penggalangan Komitmen ODF dan Penandatanganan Komitmen Bersama. Sebelum diakhiri, peserta diajak untuk merancang Rencana Tindak Lanjut Kesepakatan.

Hari kedua acara, untuk menggalang semangat dan kekompakan antar elemen masyarakat, maka Penggalangan Komitmen dilakukan secara outbond. Dilaksanakan Minggu pagi, 15 Desember 2019, rombongan peserta berangkat bersama dari Desa Pangebatan ke Agrowisata Karangpanginyongan, Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas.

Komitmen Pangebatan Desa ODF Banyumas

Rangkaian acara ini bertujuan mewujudkan masyarakat yang sehat melalui perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dengan suatu komitmen bersama sehingga mendapatkan satu tujuan yaitu Desa ODF.

Penggalangan Komitmen Pangebatan sebagai Desa ODF, merupakan kelanjutan dari Pemicuan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Desa Pangebatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.