Pangebatan – Pemerintah Desa Pangebatan, kecamatan Karanglewas, Banyumas, bekerja sama dengan Kader PSN mengadakan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN). Bertempat di RT 05 RW 08 Desa Pangebatan, acara ini dilaksanakan pada hari Minggu 1 Maret 2020.

psn desa pangebatan banyumas
Usai senam bersama dan pembagian kelompok PSN

Pemberantasan Sarang Nyamuk kali ini dihadiri oleh Ketua RW dan RT Wilayah RW 8, Pengurus PKK, Forum Kesehatan Desa, Babin dan Babinsa, dan juga Karang Taruna Desa Pangebatan. Tamu undangan tersebut mulai berkumpul dari pukul 06.30 untuk kemudian melaksanakan senam bersama warga RW 8.

pemberantasan sarang nyamuk desa pangebatan banyumas
Pelaksanaan PSN di wilayah RW 8 Desa Pangebatan

Selanjutnya Kader PSN, Perangkat Desa, dan FKD Desa Pangebatan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan PSN bersama. Secara berkelompok mendatangi rumah-rumah warga. Memeriksa dan memberantas tempat-tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk. Sekaligus memberikan sosialisasi pentingnya mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dengan memastikan tidak ada tempat untuk berkembang biak nyamuk.

Dalam sambutannya, Agus Suroto, SH., selaku Kepala Desa Pangebatan menjelaskan, “Gerakan Serentak PSN ini adalah salah satu upaya untuk penanggulangan DBD di wilayah Desa Pangebatan. maka dimohon kesadarannya kepada seluruh warga desa, khususnya warga RW 8 untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan terus menerus untuk memberantas sarang nyamuk. Tidak berhenti hanya di acara PSN ini saja.”

Adapun yang bisa dilakukan setiap warga untuk selalu memberantas sarang nyamuk di lingkungan masing-masing adalah sebagai berikut :

  1. Mengubur barang-barang bekas, seperti pecahan botol / kaca, tempurung kelapa, kaleng-kaleng bekas, plastik dan lain-lain
  2. Membersihkan tempat-tempat penampungan air seminggu sekali, seperti bak WC, bak kamar mandi, dan lain-lain
  3. Mengalirkan air yang tergenang
  4. Melipat pakaian yang bergatungan atau jangan menggantung pakaian karena akan dapat menjadi tempat berlindungnya nyamuk
  5. Jika ada keluarga yang mendadak panas tidak turun selama 2-3 hari, maka segera ke pelayanan kesehatan terdekat
  6. Diharapkan proaktif melaporkan kepada petugas kesehatan (PKD, Puskesmas) bila ada yang dicurigai Demam Berdarah

Selain memberantas sarang nyamuk, Gertak PSN kali ini juga mendata rumah warga yang memiliki jamban atau tidak. Hal ini menurut Herlina Santi, Perangkat Desa Pangebatan, adalah sebagai tindak lanjut komitmen Pangebatan sebagai Desa ODF (Open Defecation Free). Yaitu desa yang bebas dari buang air besar sembarangan. Seperti yang bisa dibaca di tulisan sebelumnya.

psn desa pangebatan banyumas
Evaluasi dan Pelaporan Kegiatan PSN

Acara PSN massal di RW 8 diakhiri dengan evaluasi dan pelaporan, sembari menikmati hidangan yang sudah disediakan di rumah salah satu warga.