Pangebatan – Komitmen menjaga kondusifitas Pilkades serentak yang kondusif, tertib, aman, dan sukses pada 23 Juli mendatang, khususnya di Desa Pangebatan, ditunjukkan Karang Taruna Kamandaka 2.

Ketua Karang Taruna Kamandaka 2 Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, Irawan Endy Pratama menyatakan Karang Taruna sangat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkades Pangebatan.

“Tentu, pelaksanaan ini sangat kita dukung. Pemuda harus ikut berperan dalam menghadirkan suasana damai dan tenteram dalam pilkades ini,” ujarnya.

Selain itu, Ketua karang taruna menambahkan, pada pesta demokrasi ini, seluruh anggota diminta untuk tidak menggunakan atribut karang taruna dalam rangka kampanye mendukung salah satu calon kepala desa.

Ada beberapa langkah yang telah dilakukan oleh karang taruna dalam menjaga kondufitas tersebut, antara lain dengan silaturahmi ke empat calon kepala Desa Pangebatan secara bergantian dan melakukan kampanye aksi pilkades damai kepada masyarakat melalui pemasangan baliho secara gotong royong di depan Balai Desa yang dihadiri oleh beberapa anggota dan pengurus karang taruna, pada Kamis Malam (11/07).

“Maksud dan tujuan aksi pilkades damai ini adalah untuk suksesnya pilkades, menjaga situasi yang tertib dan kondusif, selain itu juga sebagai bentuk deklarasi netralitas karang taruna terhadap pesta demokrasi ini, dan yang paling penting adalah siapapun kadesnya nanti, Pangebatan harus tetap satu”, tambahnya.

Pria yang akrab disapa Endy ini menambahkan, sesuai dengan tugas dan fungsi karang taruna adalah mencegah permasalahan sosial dan mewujudkan kesejahteraan sosial, sehingga sudah seharusnya karang taruna berperan serta dalam menghadirkan suasana sejuk pada pesta demokrasi ini.
_(Heri Setiawan)_