Pangebatan (5/3) – Ada yang istimewa di acara “Jumat Bersih” Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, kali ini. Acara kerja bakti yang rutin dilakukan oleh Pemerintah Desa dan warga Pangebatan setiap hari Jumat, kali ini dilaksanakan di lingkungan rumah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tidak lain, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Pangebatan kepada warganya.

Jumat pagi 5 Maret 2021, dipimpin langsung oleh Kepala Desa Pangebatan, Agus Suroto, SH., Perangkat Desa Pangebatan menuju ke RT 04 RW 04. Sesampainya di rumah Achmad Samsudin (Risam), sudah ditunggu warga. Sudah hadir pula Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pangebatan di lokasi.

Setelah dibuka dan dipimpin doa secara singkat oleh Kepala Desa, secara bergotong-royong Perangkat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, dan warga Pangebatan mulai membersihkan rumah Risam. Seusai dibersihkan, rumahpun dicat kembali.

Kecuali Widi (17), putri bungsunya yang turut menyaksikan kerja bakti di rumahnya, keluarga Risam sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Banyumas. Satu keluarga, Risam, Warsinah (48), Rizal Arifin (28), merupakan ODGJ yang tinggal serumah. Sedangkan Widi, putri bungsunya, bukan merupakan ODGJ juga tinggal serumah dengan ayah, ibu dan kakaknya tersebut.

Selama ini memang warga sekitar didukung Pemerintah Desa (Pemdes) Pangebatan yang merawat dan memenuhi kebutuhan keluarga ODGJ tersebut. Kemudian Pemdes Pangebatan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinsospermades Banyumas untuk mengupayakan evakuasi sekaligus perawatan kepada keluarga ini.

Selain untuk perawatan, evakuasi keluarga ODGJ ini memberikan kesempatan bagi Pemdes dan warga untuk membersihkan dan memperbaiki rumahnya. Sehingga ketika pulang dari perawatan, rumahnya sudah kembali layak huni. Pun kalau Widi tetap memilih tinggal di rumah, rumahnya sudah bersih dan nyaman untuk ditinggali. Saat ini Widi sedang diupayakan untuk tinggal di Panti Asuhan untuk mendapatkan bantuan beasiswa hingga jenjang pendidikan sesuai yang diinginkan.